Hedy Lamarr, Aktris Cantik yang Ahli Matematika


Kalau kamu membuka situs google hari ini, kamu akan melihat gambar seorang wanita sedang bersandar di roll film dengan gaun biru muda. Siapa wanita itu? Mengapa google sampai memperingati sosoknya dengan menampilkannya di google doodle?
Wanita itu dikenal dengan nama Hedy Lamarr. Hady Lamarr lahir Di Vienna, Austria-Hungaria  9 November 1914, Tepat 101 Tahun yang lalu dengan nama Hedwig Eva Maria Kiesler. Ia putri dari Gertrud Kiesler, pianis terkenal, dan Emil Kiesler
Penampilan dan roll film itu menjadi penanda identitasnya. Yup, Hedy Lamarr adalah seorang aktris terkenal keturunan Austria-Amerika. Adegan kontroversial yang diperankannya di film  Ecstasy karya Gustav Machatý  membuat namanya jadi terkenal.  Max Reinhardt, rekan kerjanya di Berlin, menyebut Lamarr "wanita tercantik di Eropa" karena "tampilannya yang sangat eksotis dan gelap."  Jang, tidak heran, jika pada masa keemasan MGM, Hedy Lamarr menjadi bintang yang dikontrak perusahaan film yang terkenal itu.

wikipedia.org

Selain sebagai aktris, Hedy Lamarr dikenal sebagai seorang ahli matematika. Bersama seorang komponis terkenal George Antheil, ia menemukan spektrum sebar dan perpindahan frekuensi  pertama yang dibutuhkan dalam komunikasi nirkabel.  Teknik pindah frekuensi yang ditemukan oleh Hedy Lamarr menjadi dasar teknologi spectrum sebar pada masa kini, seperti  Bluetooth, Wi-Fi, dan CDMA. Selain itu, penemuan Hedy juga dimanfaatkan untuk pengendalian torpedo.
Selama ini, pemain film dicitrakan sebagai orang yang hanya modal cantik atau tampan saja. Mereka tidak memiliki otak yang pintar. Sosok Hedy mengubah citra tersebut. Ternyata, ada seorang aktris cantik yang pintar dalam sains. Bahkan, penemuannya menjadi dasar teknologi komunikasi yang kita gunakan hari ini. Keren, kan?
 Di masa tuanya, Hedy Lamarr memiliki masalah dengan kesehatannya. Aktris dan ahli matematika yang cantik itu meninggal dunia pada 19 Januari 2000 di usia 85 tahun. Ia meninggal karena penyakit jantung yang dideritanya.

Karena jasa-jasanya di bidang teknologi informasi itulah, google memperingatinya dengan menampilkan dirinya di google doodle hari ini. Hari ini, 101 tahun lalu, seorang aktris cantik yang ahli dalam bidang matematika lahir ke dunia: Hedy Lamarr.


Share on Google Plus

About Denny Prabowo

Penulis, penyunting, penata letak, pedagang pakaian, dokumentator karya FLP, dan sederet identitas lain bisa dilekatkan kepadanya. Pernah bekerja sebagai Asisten Manajer Buku Sastra di Balai Pustaka. Pernah belajar di jurusan sastra Indonesia Unpak. Denny bisa dihubungi di e-mail sastradenny@gmail.com.

0 ulasan:

Catat Ulasan

Tinggalkan jejak sobat di sini